, Pukul .


INDONESIA DARURAT MEMBACA



YUK MEMBACA !

        Dalam pandangan umum, literasi dapat dimaknai sebagai kegiatan mencari tahu dan menambah ilmu pengetahuan. Sebagai contoh negara Finlandia, berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan PBB (UNESCO) yang dirangkum dalam laporannya tahun 2016, negara tersebut menduduki peringkat pertama dunia dengan tingkat literasi paling tinggi. Sedangkan Indonesia hanya peringkat 60 dari 61 negara yang disurvei. 

        Membaca ialah aktivitas positif yang memberikan manfaat sangat besar. Membaca dapat memperluas Cakrawala Ilmu, membentuk sikap dan keterampilan seseorang. Tidak salah jika tidak ada yang mengatakan bahwa kualitas seseorang tergantung pada buku yang dibacanya. Seseorang yang gemar membaca akan berpengetahuan kuas, Berfikir kritis, dan mampu menanggapi keadaan yang disekitarnya dengan bijak. 

        Ironisnya, pada saat ini generasi muda banyak tidak suka membaca. Berdasarkan data Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, 90% Penduduk di Indonesia diatas usia 10 tahun tidak suka membaca buku, Penduduk negara maju membaca 20 hingga 30 judul buku pertahun, Namun penduduk Indonesia hanya membaca sekitar 3 Judul Buku pertahun. 

                                        " SALAM LITERASI "

0 Comments

Posting Komentar