, Pukul .


KULINER KHAS PANGANDARAN





       Pangandaran merupakan salah satu daerah di ujung timur Jawa Barat yang memiliki segudang destinasi wisata menarik serta keindahan alamnya yang sangat mempesona. Selain menawarkan keindahan alamnya yang mempesona, Pangandaran juga memiliki berbagai macam kuliner yang menarik bagi para turis lokal atau internasional. Ingin tau apa saja kulinernya? Berikut lima kuliner enak yang bisa kamu cicipi di Pangandaran.


1.  SEAFOOD SEGAR PINGGIR PANTAI


      Saat berkunjung ke Pangandaran, tentu kamu akan dengan mudah menemukan olahan seafood ini di sepanjang pinggir pantai Pangandaran. Disana kamu bisa menikmati seafood seraya diiringi suara gemuruh ombak dan semilir angin pantai yang sejuk. Beraneka macam olahan seafood ada disini, mulai dari ikan bakar, mau ikan laut atau ikan air tawar nih? udang saus tiram, kepiting saus padang, tiram telur asin, cumi tepung, cumi kering cabai serta banyak olahan lainnya.


   Jika kamu ingin mencicipi seafood di Pangandaran kamu bisa mengunjungi berbagai macam rumah makan seafood yang ada, misalnya RM Berkah Seafood yang ada di Jalan Talanca No 315 atau RM Sari Laut Rasa Sayang yang berada di Jalan Kidang Pananjung Nomor 236.


    Selamat berkunjung ya!                    

2.  PINDANG GUNUNG

    

    Pindang gunung merupakan olahan kuliner asli Pangandaran, yang merupakan salah satu primadona olahan kuliner dari ikan laut yang sering diburu wisatawan ketika berkunjung ke Pangandaran. Mengapa begitu? Hal tersebut dikarenakan pindang gunung memiliki cita rasa yang khas yang didapatkan dari kuah sup khas Sunda yang diracik dengan berbagai rempah-rempah dan minim penyedap rasa instan. Ikan yang digunakan dalam olahan pindang gunung biasanya adalah ikan kakap, tetapi tidak jarang juga menggunakan ikan air tawar, seperti ikan mas, atau ikan gurame.

Berbicara tentang kuliner yang diburu wisatawan, mungkin kalian berpikir tentang harga yang dikenakan untuk menikmati olahan pindang gunung tersebut bukan?. Tenang saja, harga untuk 1 porsi pindang gunung berkisar Rp.15.000 - 20.000,-  per porsinya, jadi tidak akan membuat isi dompet kamu menipis. Jika kamu ingin mencobanya kamu bisa langsung cari saja di warung atau rumah makan sekitar pantai karena banyak yang jualan disana.      

3.  SOTO PANGANDARAN

            

               Pada umumnya soto di Pangandaran sama seperti soto di tempat lainnya, kuah yang menggugah selera, dengan topping suwiran daging ayam, mie bihun, kacang goreng, bawang goreng dan ditambah tauge atau kecambah. Tetapi, ada satu hal yang membedakan soto pangandaran dengan soto di tempat lainnya yaitu terletak pada kerupuknya yang berwarna merah muda sebagai topping pelengkapnya

         Diketahui, jika kerupuk tersebut dibuat dari olahan ikan tuna. Jika kamu penasaran dengan rasa soto Pangandaran, kamu bisa mengunjungi berbagai warung soto yang ada. Tetapi kami punya rekomendasi nih, kamu bisa datang langsung ke warung Soto Jarkomi yang berada di Jalan Pananjung Nomor 412. Soal harga tidak usah cemas, cukup dengan mengeluarkan uang Rp. 5.000 – 10.000,- saja, kamu sudah bisa menikmatinya, kok.


4.  SARI HONJE/JUS HONJE (Minuman yang terbuat dari sari buah honje laka)

        

        Troopers tahu Honje atau tahu Kecomprang? Honjelaka adalah buah yang dihasilkan dari tumbuhan tersebut. Tapi tidak sembarang Honje bisa dibuat sari Honje, simak yuk artikel dibawah ini, 

Honje yang digunakan untuk membuat jus adalah jenis Honjeka dan honje biasa, hasil warnanya merah jambu seperti air keruh, tapi kalau honjelaka lebih merah warnanya. Membuat jus Honje sangatlah mudah yakni, honje terlebih dahulu dicuci dan dibersihkan dari bulu-bulu halusnya, setelah ditumbuk atau blender untuk kemudian direbus dan diberi gula agar terasa manis. Satu tangkai ukuran 1/2 kag bisa menjadi 10 gelas besar.

Adapun Khasiat dari jus Honje diantaranya dapat memulihkan Stamina, menghilangkan masuk angin dan menurunkan kolesterol juga darah tinggi. Saat ini jus honje menjadi salah satu minuman yang banyak digemari. Dengan demikian dia berharap ada peran aktif dari pemerintah khususnya Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Pangandaran untuk memberikan pelatihan guna pengembangan, pemasaran, serta pengemasan. Dalam pembuatannya jus honje tidak menggunakan bahan pengawet, dan bila jus honje disimpan di dalam kulkas akan bertahan selama satu bulan.

5. JAMBAL ROTI KHAS PANGANDARAN

    

    Ketika Wisatawan berkunjung ke Pantai Pangandaran sudah pasti kebanyakan dari mereka banyak yang mencari Ikan Jambal Roti. Apasih Ikan Jambal Roti itu? Apakah ikannya berbentuk roti.

Usut punya usut ternyata disebut “Ikan Jambal Roti” karena ikan (yang biasanya Ikan Manyung) diasinkan kering hanya dengan garam dan dijemur hingga tekstur dagingnya menyerupai tekstur roti yaitu empuk dan renyah (mungkin semacam roti bagelen atau roti panggang).

Ikan manyung adalah ikan laut yang biasa ditangkap dan diolah sebagai ikan asin yang disebut jambal roti. Ikan ini adalah anggota bangsa ikan berkumis, family Ariidae. Terdapat sembilan jenis Ariidae yang disebut sebagai manyung, yaitu Plicofollis crossocheilos Plicofollis argyropleuron Plicofollis nella Sciades sagor.

Ikan ini adalah salah satu kuliner tradisional Nusantara yang telah diwariskan turun-temurun. Di Indonesia, berbagai jenis ikan asin hingga kini masih diproduksi masyarakat dengan cara tradisional.

Salah satu jenis ikan asin yang paling banyak digemari adalah jambal roti. Karena ukurannya yang besar, rasanya yang lezat dan harganya yang di atas rata-rata, tidak berlebihan rasanya menyebut olahan hasil laut ini sebagai “si raja ikan asin”.

Di Indonesia, ikan asin ini terutama di jumpai di pesisir utara dan selatan Jawa. Meski begitu saat ini, jambal roti yang paling dikenal berasal dari Kabupaten Pangandaran dan menjadi oleh oleh utama bagi wisatawan yang berlibur ke tempat ini.

Sejak dahulu, jambal roti dari Pantai Pangandaran memang telah menjadi salah satu kuliner favorit yang diminati wisatawan. Rasanya kurang lengkap jika berlibur di Pantai Pangandaran tak menyantap atau membawa pulang oleh-oleh yang satu ini pokonya wajib nyobain yaa.

Di Pangandaran, terkadang ikan asin ini disebut “jambal” saja. Sebutan jambal roti sendiri merujuk pada ciri khas dagingnya yang empuk dan mudah hancur setelah digoreng seperti roti panggang dengan aroma harum yang sangat khas.

Ikan jambal roti dibuat melalui proses penggaraman. Umumnya, jambal roti dibuat dari ikan Manyung Di Pangandaran, warga mengenal dua varian ikan ini dengan sebutan kadukang dan jahan. Di Pantai Pangandaran sendiri, terdapat sejumlah kelompok pengolah dan pemasar asin jambal roti.

Jambal Roti Super dan Jambal Roti Biasa
Pokonya kalian yang dateng ke Pangandaran wajib nyoba.

Berdasarkan proses pembuatannya atau penggaramannya, ada dua jenis jambal roti yang dihasilkan, yakni jambal roti yang tingkatnya sangat bagus atau disebut jambal roti berkualitas super dan jambal roti kualitas biasa.

Agar memperoleh jambal berkualitas super, selain tenik penggaramannya berbeda, proses waktu yang diperlukan pun terbilang lebih lama. Penggaraman jambal roti super, biasa disebut “membacem”.

ikan ditimbun garam dan disimpan pada tempat yang rapat selama lima hingga tujuh hari. Setelah itu, ikan yang telah dibacem, dibelah menjadi dua.
Sedangkan untuk jambal biasa, ikan terlebih dahulu dibelah sebelum digarami lalu ditimbun dengan garam selama dua sampai tiga hari saja. Baik jambal super maupun biasa, harus langsung dijemur di bawah sinar matahari setelah penggaraman.

Hasilnya juga akan berbeda, jambal super akan ngeprul atau rontok halus seperti roti karena dibacem atau digaramin lebih lama. Kalau jambal biasa, hasilnya kaya daging ikan biasa saja namun asin.

Satu kilogram ikan basah, paling hanya menghasilkan 4 ons ikan asin jambal roti. Jika sedang musim ikan, bisa menghasilkan hingga dua kwintal jambal roti perbulan, permintaan ikan jambal roti di Pangandaran dari dulu sampai sekarang peminatnya bagus, hanya beda harganya saja, kalau dulu pernah mencapi harga jambal super Rp 1.250, kalau sekarang ke tamu wisatawan sekitar Rp 125 ribu untuk yang super.

Ikan jambal roti sering disebut dengan " Rajanya Ikan " karena memang ukurannya yang besar dibanding dengan ikan asin lainnya. Ikan yang mempunyai aroma harum dan khas ini, dibuat melalui proses penggaraman selama beberapa hari. Jambal roti ini juga pada umumnya terbuat dari beberapa variasi ikan seperti kadukang juga jahan. 

0 Comments

Posting Komentar